10 Jun 2016

Cara Mudah Mengetahui Font yang Dipakai di Sebuah Web

Font Web


Font adalah salah satu elemen penting yang turut ambil bagian dalam menunjang keindahan suatu halaman web terlepas dari kode yang diimplementasikan di dalamnya.

Para desainer website pun tidak sembarangan dalam memilih font yang mereka pakai. Biasa dikatakan, bagian ini juga cukup sulit mengingat harus adanya keserasian antara interface website dengan tulisan.

Maka dari itu tak mengherankan font yang dipakai pada website cenderung lebih menarik.

Tutorial yang saya share kali ini akan membantu sobat untuk menemukan nama font yang dipakai pada sebuah laman web.

Sebenarnya bagi mereka yang sudah terbiasa, bisa dengan melakukan inspeksi laman dan menyusuri nama font diantara baris kode struktur web.

Yang dimaksud "mereka" ini adalah kalangan profesional :p

Tentu satu halaman web tidak mungkin menggunakan satu jenis font yang sama.

Kebanyakan adalah variasi dan sulit untuk menentukannya jika sobat orang yang awam dalam bidang desainer website.

Lalu, bagaimana cara yang paling mudah?

Situs bernama Fount akan memberikan informasi judul font yang ada pada suatu laman web. Menariknya, sobat bisa memilih font yang ingin diketahui.


Oke, to the point saja, kunjungi situs Fount melalui browser di komputer sobat. Ingat, hanya berlaku pada komputer, baik itu laptop, PC desktop, notebook, netbook, dan sejenisnya.

Selanjutnya, drag tulisan "Fount" ke tab laman web dimana ingin diketahui nama fontnnya. Mungkin cara ini terasa membingungkan, untuk jelasnya lihat ilustrasi GIF berikut:

Fount Tutorial
Seret dan lepas di bagian tab saja. Otomatis halaman akan dipindai oleh Fount.

Setelah itu kursor mouse akan berubah menjadi bentuk plus. Nah, sobat tinggal mem-block teks dan nanti akan terlihat nama font di bagian kanan atas.


Bukan hanya nama font, tetapi juga ukuran dan style yang digunakan. Setelah nama font diketahui, tinggal mencarinya di Google dan biasanya sudah banyak tersedia di situs-situs database font.


Jika ingin menghapus fungsi Fount pada halaman web, sobat perlu me-refresh laman.



0 komentar:

VIDEO PROJECK

# Terima kasih Kepada : # The Cipaku Garden Hotel # PT.Javalens Media Asia # Komdak Community Bandung # Sandi Solution # Eco Bambu Cipaku # Portal Web Seputar Bandung Raya#

Terimakasih Sudah Mau Berkunjung Ke Blog Kami